7 Cara Merubah Ukuran File Foto dengan Mudah Tanpa Merubah Kualitas

Ingin mengunggah foto sebagai dokumen persyaratan melamar kerja atau yang lainnya, namun gagal karena resolusinya kebesaran? Jangan khawatir, karena ada berbagai aplikasi dan situs yang bisa dipakai untuk menangani masalah tersebut. Penasaran dan ingin tahu dengan detail informasinya? Perhatikan saja uraian mengenai cara merubah ukuran file foto yang disajikan di bawah ini dengan seksama!

1. Gunakan JPEG Optimizer

Ini adalah situs web yang menyediakan layanan merubah ukuran foto dan pastinya sangat mudah dapat digunakan secara gratis. Kunjungi situs resminya pada JPEG-optimizer.com untuk mendapatkan layanan perubahan ukuran foto cuma-cuma tersebut.

Setelah itu lakukan upload file foto sesuai petunjuk dari situsnya dan jangan lupa untuk mengatur ukuran file sesuai kebutuhan. Setelah proses kompresi pada file foto selesai, lakukan unduh pada file tersebut. Jangan lupa pula untuk memastikan bahwa file foto sudah sesuai dengan ketentuan yang diperlukan.

2. Pakai TinyPNG

Situs ini juga dapat diakses secara online melalui website TinyPNG.com.  Cara mengubah ukuran foto pada aplikasi ini juga sangat mudah. Setelah berhasil masuk ke halaman, pengguna cukup drag and drop file pada kotak yang disediakan. Situs akan melakukan proses kompresi pada foto secara instan dan cepat.

Jika kompresi sudah selesai akan muncul pilihan download untuk melakukan unduh hasil dari file foto yang sudah dikompresi. Ini memang dikhususkan untuk hanya mengecilkan file foto saja, dan tidak bisa diatur ukurannya. Sehingga yang perlu ditekankan, secara otomatis file foto yang dimasukkan ke sini akan berubah menjadi lebih kecil ukurannya.

3. Pergunakan IMGOnline

Cara merubah ukuran file foto selanjutnya sama seperti penyedia situs kompres foto yang lainnya. Situs ini juga dapat diakses melalui halaman situsnya yaitu imgonline.com. Untuk melakukan kompresi pada gambar cukup memilih pada opsi compress image lalu upload file foto yang akan dikompresi. Tunggu beberapa saat dan file akan terunduh secara otomatis.

Baca juga:  Tetap Bisa Diakses, Ini Cara Membuka Situs yang Diblokir di Android

4. Akses PicResize

Pertama bukalah halaman situs picresize.com, kemudian pilih browse untuk mengunggah file foto. Setelah itu klik pada continue untuk melanjutkan proses. Tunggu proses kompresi sampai dengan selesai dan file foto sudah berhasil dirubah menjadi ukuran yang lebih kecil.

5. Manfaatkan iLoveIMG

Situs ini juga merupakan penyedia layanan kompresi image secara gratis. Untuk menggunakannya hanya perlu masuk ke halaman iloveimg.com. Jika sudah, kemudian pilih menu kompresi dan unggah foto yang akan dikonversi dari file komputer. Klik compress image dan foto yang berhasil dikompresi akan otomatis terunduh.

6. Pakailah Resizeimage.net

Apabila ingin memakai cara ini, pertama masuk ke situs resizeimage.net. Kemudian pilihlah opsi untuk mengunggah foto yang akan dirubah ukurannya. Lalu pilih resize your image untuk mengubah ukuran pixel sesuai keinginan. Jika sudah, segera klik pada resize image and download,  maka file yang sudah dipersiapkan langsung terdownload.

7. Fungsikan Compress JPEG

Terakhir, ada juga Compress JPEG. Untuk memakai cara ini, maka bukalah situs resmi compress JPEG, kemudian pilih unggah file dan letakkan file pada tempat yang disediakan. Tunggu proses kompresi akan dimulai secara instan oleh situs tersebut, dan file yang sudah dikompresi bisa diunduh dengan klik tombol unduh. Situs ini mendukung berbagai jenis file format foto mulai dari JPEG, PNG dan PDF.

Cara merubah ukuran file foto di atas bisa dilakukan secara gratis. Namun ada juga  situs yang memiliki batasan harian untuk menikmati layanan gratisnya. Sehingga biula ingin terus menggunakannya, pengguna harus menambah akses dengan membayar biaya berlangganan. Bagaimana, cara di atas cukup mudah untuk digunakan bukan?