6 Cara Mengatasi Sinyal Lemot Indosat Secara Mudah

Pernahkah mengalami sinyal lemot pada jaringan Indosat? Jangan khawatir, terdapat beberapa cara mengatasi sinyal lemot Indosat secara mudah. Sinyal yang lemot tentunya akan menghambat aktivitas yang sedang dilakukan. Butuh solusi tepat untuk bisa mengatasinya secara maksimal.

Pengguna perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, sehingga bisa diatasi dengan cara yang tepat. Secara umum, sinyal lemot bisa disebabkan beberapa faktor. Di antara faktor tersebut mencakup lokasi, cuaca, hingga permasalahan jaringan atau perangkat yang digunakan. Adapun cara mengatasinya sebagai berikut:

1. Cek Kuota

Hal pertama yang bisa dilakukan pengguna yaitu mengecek kuota Indosat. Siapa tahu, kuota yang tersisa sedikit lagi atau habis sebelum mencapai masa pakai. Untuk pengecekan bisa melalui *123#. Alternatif lainnya bisa mengirim SMS “USAGE” ke no 363.

Tidak sedikit pengguna yang mengabaikan hal ini. Pengecekan kuota menjadi salah satu langkah untuk memastikan seberapa banyak kuota tersisa. Umumnya, kuota yang menipis bisa membuat koneksi menjadi lemot.

2. Buat Mode Pesawat

Selanjutnya, jika diketahui kuotanya masih banyak, cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat. Tidak sedikit pengguna yang menggunakan mode pesawat untuk atasi sinyal yang lemot. Hal ini akan membuat jaringan melakukan reconnect dan memulai jaringan IP baru.

Banyak pengguna yang efektif melakukan cara ini untuk mengatasi sinyal lemot. Aktifkan mode pesawat dengan mengklik logo pesawat pada perangkat. Secara otomatis, jaringan baik data seluler maupun WiFi akan terputus. Matikan mode pesawat untuk mengembalikan jaringan.

3. Lakukan Setting APN Indosat

Cara  mengatasi sinyal lemot Indosat lainnya yaitu dengan cara mengatur APN Indosat secara tepat. Untuk mendapatkan koneksi internet yang bagus, dibutuhkan penyesuaian APN yang tepat untuk Indosat. Secara Default, APN Indosat yaitu indosatgprs. Rekomendasi lainnya yaitu bisa menggunakan APN internet. Maka, ganti APN sesuai kebutuhan. Adapun cara-caranya sebagai berikut:

Baca juga:  Cara Membuka Akses Google Drive Menggunakan PC_Laptop
  • Buka menu
  • Temukan menu Data Seluler.
  • Selanjutnya, pilihlah slot yang berisi SIM Indosat.
  • Arahkan pada menu Nama Titik Akses untuk mengedit APN sesuai kebutuhan.

4. Buat  Mode Jaringan

Selain cara di atas, pengguna juga bisa melakukan pengaturan di mode jaringan. Setiap Android memiliki suguhan mode jaringan, mencakup 2G, 3G, 3G/2G atau pun LTE/3G/2G. Jika mode jaringan masih bersifat manual, maka alih mode menjadi otomatis.

Dengan memilih mode jaringan otomatis, maka perangkat akan secara otomatis menangkap jaringan yang tersedia. Menariknya, pada cara ini pengguna memperoleh keuntungan, yaitu tidak perlu mencari jaringan secara manual.

5. Lakukan Restart Hp

Jika masih lemot, pengguna bisa melakukan restart Hp Android yang digunakan. Tidak sedikit perangkat yang harus restart terlebih dahulu untuk menyesuaikan pengaturan yang baru. Hal ini juga berlaku dalam pengaturan APN atau mode jaringan. Maka cobalah untuk me­nghidupkan ulang perangkat.

Melakukan restart bisa menjadi solusi untuk mengembalikan kinerja Android lebih maksimal. Begitu pun dengan sinyal yang disuguhkan kembali normal. Kegiatan menghidupkan ulang akan membuat perangkat menjadi lebih refresh.

6. Istirahatkan Hp

Selain melakukan restart, Hp Android yang digunakan butuh istirahat. Untuk beberapa kasus, perangkat biasanya bersuhu panas karena terlalu lama digunakan. Hal ini bisa membuat jaringan menjadi lemot. Maka dari itu, diamkan beberapa waktu, sehingga suhunya menurun.

Pada dasarnya, mendiamkan Hp banyak diterapkan pada perangkat lainnya, seperti laptop. Suhu yang panas pada perangkat kerap membuat kinerja menjadi lambat. Hal ini pun bisa memungkinkan sinyal menjadi lemot.

Demikian ulasan singkat terkait cara mengatasi sinyal lemot Indosat secara mudah. Terapkan cara-cara di atas secara tepat dengan mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu. Jika belum teratasi, maka hubungi pusat layanan Indosat untuk bisa mengatasi sinyal lemot pada perangkat.

Baca juga:  Mudah! Inilah Cara Membuka Facebook Lupa Kata Sandi Nomor HP Tidak Aktif Lewat HP