Cara Menambahkan Deskripsi Musik di YouTube yang Paling Tepat

Kini, pengguna tidak hanya menonton video yang tersedia di YouTube, tapi berlomba-lomba menyajikan konten sendiri. Dalam pembuatan konten kerap disertai dengan musik yang mendukung. Adapun cara menambahkan deskripsi musik di YouTube yang sangat penting untuk diketahui. Hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik pemula maupun yang sudah mahir.

Untuk para YouTuber yang sudah mahir, menambahkan deskripsi tentunya adalah hal yang sangat mudah. Namun, lain halnya dengan pemula yang masih kebingungan dan mencari informasi terkait penambahan deskripsi musik. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

1. Menuliskan Deskripsi yang Mudah Ditelusuri

Pada dasarnya, di kolom pencarian akan memunculkan kata kunci yang paling umum. Hal ini tidak hanya berlaku untuk mesin pencarian, seperti Google, karena di YouTube juga menggunakannya. Maka dari itu, pengguna diharuskan lebih teliti dalam menulis deskripsi.

Tuliskan deskripsi yang mudah ditelusuri. Artinya, deskripsi yang mengandung kata kunci, sehingga mudah muncul pada hasil pencarian pengguna YouTube. Sematkan 1 hingga 2 kata kunci pada deskripsi, sehingga mudah ditemukan mesin pencarian.

2. Memaksimalkan Kolom Deskripsi yang Tersedia

Setiap pengguna bisa menuliskan deskripsi secara maksimal pada kolom yang tersedia. Beberapa referensi menyatakan bahwa YouTube menyediakan kolom yang cukup untuk 800 kata, setara dengan 5000 karakter. Maka, manfaatkan kesempatan yang diberikan YouTube dengan sebaik mungkin.

Kolom yang tersedia hendaknya diisi dengan deskripsi bagus dan tepat. Pastikan pengguna bisa mengisinya secara maksimal. Kolom tersebut bisa diisi dengan maksud pembuatan konten disertai kata kunci. Selanjutnya, deskripsikan musik yang  tercantum pada konten.

3. Menyajikan Deskripsi yang Bermanfaat

Pastikan kolom yang tersedia dimaksimalkan dengan deskripsi yang bermanfaat. Deskripsi yang dimaksud yaitu yang bisa menggambarkan kontennya secara interaktif pada audience. Hal ini akan membantu dalam meningkatkan subscribers, jumlah penonton dan semacamnya.

Baca juga:  Inilah Cara Membuka Cadangan Wa di Google Drive Paling Sederhana

Gunakan time stamp pada beberapa bagian yang dianggap penting. Begitu pun dengan link yang berkaitan dengan video yang disuguhkan. Selanjutnya, sematkan mention terhadap orang-orang yang ikut berkolaborasi dalam pembuatan konten.

4. Menggunakan Hashtag

Ada cara menambahkan deskripsi musik di YouTube lainnya yaitu menggunakan hashtag. Hal ini akan membantu konten yang disajikan lebih terjangkau secara luas. Selain itu, hashtag pada deskripsi bisa memudahkan seseorang menemukan video yang dibutuhkan.

Penyematan hashtag tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Cukup menggunakan hashtag yang berkaitan erat dengan konten yang disuguhkan. Pastikan hashtag yang digunakan tidak mencapai 15. Jika lebih, maka akan diabaikan oleh pihak YouTube.

5. Mengukur Tingkat Efektifitasnya

Selain itu, cara menambahkan deskripsi musik di YouTube juga bisa dilakukan dengan pengukuran keefektifitasan. Gunakan YouTube analytics untuk mengetahui kata kunci yang tepat yang bisa menarik perhatian audience.

Dengan menelaah kata kunci yang terdapat pada YouTube analytics, maka memudahkan pembuatan deskripsi. YouTuber pun bisa menyajikan tema hingga deskripsi musik secara tepat. Maka dari itu, telaah sebaik mungkin tingkat efektifitas yang disuguhkan YouTube analytics.

Cara ini bisa diterapkan dalam pembuatan deskripsi musik secara tepat. Hal ini juga akan memudahkan para audience untuk menemukan konten yang diinginkan. Selain itu, konten yang dibuat pun akan muncul di mesin pencarian secara mudah.

Demikianlah ulasan singkat terkait cara menambahkan deskripsi musik di YouTube. Pastikan untuk bisa menerapkannya secara tepat. Semakin bagus deskripsi yang disuguhkan, maka semakin tinggi pula peluang menambah subscribers. Hal ini tentunya akan memudahkan proses monetisasi akun YouTuber juga.