Cara Menggunakan VPN di Laptop Windows 10 

VPN merupakan jaringan privat maya dimana dengan menggunakan jaringan ini, pengguna leluasa mengakses banyak situs. Sebenarnya cara menggunakan VPN di Laptop Windows 10 bisa dilakukan dengan dua dasar. Pertama dengan menginstall aplikasi dan selanjutnya dengan membuat setup VPN profile bawaan Windows. Maka akan dijelaskan secara keseluruhan tentang caranya, sebagai berikut:

Melalui Setup VPN Bawaan

Ada dua cara menggunakan VPN di laptop, namun yang pertama akan dibahas terlebih dahulu. Cara pertamanya melalui setup VPN bawaan. Berikut langkah yang harus dilakukan, khususnya untuk pemula dan mudah untuk diikuti, antara lain:

1. Buat Profil VPN Terlebih Dahulu

Sebelum melangkah ke cara menggunakan VPN di laptop Windows 10, hal pertama yang dikerjakan adalah membuat profil VPN di laptop terlebih dahulu. Profil ini bisa atas nama pribadi atau menggunakan akun kerja dari tempat dimana bekerja. Jika akun ini digunakan untuk bekerja maka pastikan masuk pada bagian pengaturan VPN pada situs internet milik tempat bekerja.

Adapun jika pengguna hendak menggunakan VPN untuk langganan dan digunakan secara pribadi, maka bisa melakukan kunjungan pada Microsoft Store. Hal ini digunakan untuk memastikan ada tidaknya layanan yang diinginkan. Jika sudah bisa masuk pada situs website layanan VPN, maka pastikan pengaturan koneksi telah tersedia disana.

2. Masuk Pada Bagian Pengaturan

Pada saat pengguna sudah memiliki profil VPN, maka langkah selanjutnya adalah masuk pada bagian pengaturan. Pertama klik Windows masuk pada menu pengaturan, selanjutnya pilih jaringan dan internet VPN. Lalu bisa klik bagian tambahkan koneksi VPN.

3. Tambahkan Koneksi VPN

Setelah masuk pada menu menambahkan koneksi VPN. Lanjut untuk mengikuti langkah berikut ini. Khusus sebagai penyedia VPN, bisa memilih Windows. Kemudian sistem akan mengarahkan pada bagian-bagian identitas VPN yang harus diisi. Meliputi nama koneksi, alamat server, jenis VPN hingga jenis informasi masuk.

Baca juga:  Cara Membuka File Rar di Laptop Tanpa Ribet

Pengguna bisa mengisinya dengan data yang sesuai misalnya untuk bagian nama koneksi bisa diisi dengan nama VPN yang dikehendaki. Nama ini yang nantinya akan disambungkan dengan perangkat. Selain itu dalam kotak yang bertuliskan nama atau alamat server ini bisa memasukkan alamat dengan server VPN yang sesuai.

Sedangkan untuk jenis VPN bisa diisi dengan tipe koneksi yang di ingin dibuat. Lalu untuk jenis informasi masuk bisa diisi dengan keamanan terhadap koneksi tersebut, dan bisa berupa kata sandi sekali pakai.

4. Simpan Data

Setelah data berhasil diisi dengan data yang sesuai, kemudian bisa klik save. Maka setelah itu bisa melanjutkan pada bagian setting VPN. Kemudian bisa tekan nama VPN yang dibuatnya dan mulai mengkoneksi dengan internet VPN.

Menginstall Aplikasi VPN

Adapun jika tidak melalui setup VPN  bawaan pengguna tetap bisa menggunakan VPN melalui cara menginstalnya terlebih dahulu. Pastikan yang pertama dengan mendownload aplikasi terlebih dahulu melalui penyedia jasa VPN yang dipercaya.

Kemudian masuk aplikasi dengan klik sign up, selanjutnya bisa menggunakan email yang aktif. Pasalnya sistem akan mengirimkan kode verifikasi di alamat yang sesuai dengan alamat yang dimasukkan sebelumnya. Selanjutnya bisa mendownload aplikasi dengan disesuaikan laptop yang digunakan.

Jika proses tersebut sudah selesai maka bisa mulai melakukan install aplikasi. Lalu pengguna bisa mengikuti langkah-langkah yang diminta sistem. Adapun salah satu langkahnya adalah melakukan  restart. Jika sudah selesai, bisa masuk aplikasi dengan memasukkan password serta username yang sesuai dengan pendaftaran.  Lalu klik pada servernya atau dengan tombol Quick Connect.

Demikian itu cara menggunakan VPN di Laptop Windows 10. Tentunya pengguna bisa mempraktekkan dengan mudah. Baik dengan melalui cara aplikasi dengan setup bawaan. Kedua cara tersebut tentu sama-sama mudah untuk dipraktekkan, jadi bisa disesuaikan keinginan pengguna.