Tetap Bisa Diakses, Ini Cara Membuka Situs yang Diblokir di Android

Situs terblokir? Cara membuka situs yang diblokir di Android mampu digunakan sebagai solusi untuk situs-situs yang tak bisa diakses ketika sedang berselancar di internet. Beberapa situs diblokir oleh pemilik Wifi maupun pemerintah karena alasan keamanan. Selain itu, membuka situs bisa tanpa aplikasi atau dengan aplikasi, seperti cara berikut ini:

Mengakses Situs Dibatasi Melalui Situs Perantara

Ulasan cara membuka situs yang diblokir di Android via link perantara di bawah ini. Pengguna tidak perlu khawatir memori akan habis. Langkah ini cukup menggunakan situs tertentu untuk menjembatani situs diblokir agar dapat diakses.

1. Menggunakan Google Translate

Google translate tidak membatasi situs untuk diterjemahkan. Ternyata  pengguna dapat mengakses situs diblokir dari situs penerjemah ini. Caranya terjemahkan situs ke dalam bahasa apapun. Pada situs yang sudah diterjemahkan itu, klik link yang sudah berwarna biru. Situs dapat terbuka setelah beberapa detik. Mudah dan cepat.

2. Menggunakan Wayback Machine

Wayback Machine bekerja sebagai penyimpan berkas dan arsip yang pernah diunggah sebuah situs ke internet. Meskipun file sudah terhapus di situs aslinya, Wayback Machine masih menyimpan semua berkas tersebut. Untuk mengakses situs yang diblokir, pengguna cukup membuka situs Wayback Machine kemudian memasukkan situs yang hendak dibuka.

3. Membuka dari Situs Proxy

Beberapa situs dapat digunakan untuk mengatur ulang alamat IP Ketika mengakses situs yang diblokir. Situs tersebut di antaranya croxyproxy.com, hide.me, proxysite.com, dan kproxy.com. Pengguna cukup membuka situs proxy dan memasukkan pranala yang dibatasi.

Mengakses Situs yang Dibatasi via Aplikasi

Menerapkan aplikasi browser maupun VPN dapat mengambil ruang memori, akan tetapi tak memakan memori terlalu banyak. Berikut ini beberapa langkah mengakses situs yang dibatasi melalui aplikasi:

Baca juga:  Cara Menjalankan Screen Recorder Laptop Windows 7 Paling Mudah

1. Mengaplikasikan VPN

Perangkat lunak VPN dapat dipasang dari Play Store. Akan tetapi, disarankan pengguna mengunduh aplikasi yang paling cepat proses loading-nya. Dengan VPN, pengguna dapat membuka situs diblokir memakai alamat IP ataupun lokasi yang sudah dipalsukan oleh VPN. Selain itu, pengguna dapat mengakses situs biasa ketika jaringan internet negara asal sedang tidak stabil.

Biasanya penggunaan VPN tidak terbatas dan pengguna juga bisa mengakses situs luar negeri lainnya dengan mudah. Meski begitu, pengguna sebaiknya memiliki batas tersendiri untuk mengakses situs agar tidak mengurangi produktivitas.

2. Menggunakan Opera Browser

Salah satu keunggulan peramban ini memiliki VPN pada setelan aplikasinya. Untuk mengaturnya, buka setelan pada Opera yang sudah dipasang. Selanjutnya, pilih Privacy & Security untuk pengaturan lanjutan. Di judul VPN pilih Enable VPN. Setelah VPN aktif, pengguna bisa membuka situs yang diblokir.

3. Menggunakan Tor Browser

Peramban tambahan ini bisa dipasang dari Play Store. Cara kerjanya tak jauh beda dengan VPN. Hanya saja, ketika menggunakan peramban ini, alamat IP atau lokasi pengguna tidak dipalsukan. Meski begitu, situs yang diblokir dapat diakses menggunakan peramban ini.

Pada dasarnya, menggunakan pihak ketiga berupa situs lain maupun aplikasi tambahan masih legal. Namun, beberapa situs memiliki resiko pencurian info pribadi. Resiko terburuk dari tindakan ini adalah jatuhnya korban penipuan dan kejahatan lainnya atas dasar info pengguna internet. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna mengakses situs yang masih bisa dibuka saja dari Android masing-masing.

Demikian penjelasan cara membuka situs yang diblokir di Android. Diharapkan pengguna tetap bijak mengakses situs yang berguna untuk produktivitas dalam menerapkan langkah di atas. Bagaimanapun juga, ada alasan baik untuk situs yang diblokir dari pemerintah.