Inilah Cara Merubah Alamat Di Google Map Terbaru

Terkadang tanpa disengaja seseorang mendapati kesalahan berkaitan dengan informasi dalam Google map. Apalagi, jika kekeliruan informasi tersebut berkaitan dengan alamat atau tempat milik para penggunanya. Tentunya hal tersebut cukup mengkhawatirkan pemakainya. Untuk itu diperlukan cara merubah alamat di google map yang ter-update, agar informasinya dapat tersampaikan dengan benar.

Siapapun dapat mengedit atau mereview informasi yang ada di Google Map. Apabila yang disampaikan dalam proses edit maupun review tersebut benar, maka informasi di Google Map akan secepatnya memperbaharui. Cara merubah alamat di google map yang diperlukan agar informasi dapat tersampaikan dengan benar dan jelas, antara lain:

1. Menggunakan Komputer            

Cara merubah alamat di google map yang pertama adalah dengan memanfaatkan perangkat komputer. Selain cukup nyaman, layar untuk tampilannya pun cukup luas, sehingga sangat membantu dalam proses edit maupun review. Beberapa langkah yang perlu dijalankan, antara lain:

  • Buka atau browsing layanan Google Maps.
  • Tentukan tempat atau lokasi dan nama kota yang hendak diedit, biasanya akan tampil dalam bentuk peta sebagaimana lokasi yang ditargetkan.
  • Klik lokasi atau tempat yang hendak diedit tersebut, dengan mengklik Sarankan-Edit.
  • Ketikkan informasi yang hendak dirubah atau dapat juga dengan memindahkan titik penandanya, agar lebih fokus, pengguna dapat menggunakan metode satelit.
  • Setelah informasi dimasukkan sesuai dengan data terupdate, pengguna dapat mengklik tombol kirimnya.

2. Menggunakan Smartphone

Untuk cara merubah alamat di google map berikutnya adalah dengan menggunakan perangkat smartphone. Hampir mirip dengan prosedur langkah menggunakan perangkat komputer. Diawali dengan membuka Google Map, lalu cari tempat atau lokasi yang hendak di edit.

Klik tempat tersebut dan geser layarnya ke atas, lanjutkan klik Sarankan-edit. Kemudian isikan informasi nama, alamat dan data lainnya yang terbaru dan benar. Pengguna juga dapat menambahkan foto untuk kelengkapan data informasi tersebut, lalu mengklik kirim. Maka, beberapa saat kemudian informasi di google map akan berubah.

Baca juga:  Cara Merubah Whatsapp ke Akun Bisnis yang Perlu Diketahui

3. Menggunakan Aplikasi GoBiz

Pengguna juga dapat merubah alamat dan lokasi rumah maupun usaha beserta titik GPS-nya di google map, dengan memanfaatkan aplikasi mandiri GoBiz. Dimulai dengan membuka halaman GoBiz, kemudian pilih dan klik Outlet-Saya. Lanjutkan pilih alamat dan klik panel Ubah.

Isikan alamat lengkap di dalam kolomnya, terus klik Simpan-perubahan. Apabila diperlukan pengguna juga dapat menarik titik GPS-nya ke tempat yang diinginkan. Setelah semua data dan informasi selesai diperbaharui, pengguna dapat lanjutkan dengan mengklik konfirmasi. Tunggu beberapa saat, maka alamat maupun informasi baru lainnya akan segera terupdate.

4. Menggunakan Titik Latitude dan Longitude-nya

Untuk mengganti alamat maupun lokasi di aplikasi google map, pengguna juga dapat memanfaatkan titik latitude dan longitude. Dengan demikian pengguna akan dapat merubah titik GPS-nya dengan mudah. Untuk detail dari titik latitude maupun longitude-nya, dapat pengguna ajukan saat melakukan perubahan, sebagaimana berikut ini:

  • Buka terlebih dulu aplikasi untuk Google Map.
  • Sesuaikan target dan lokasi yang hendak diedit.
  • Selanjutnya pengguna dapat mengklik dan menahan ikon pin pada peta sekitar 2 detik atau hingga munculnya keterangan yang menyatakan titik koordinat latitude serta longitude di sebelah atas.
  • Salin titik-titik koordinat dari latitude serta longitude ke email untuk siap dikirimkan.

5. Memanfaatkan Google Business

Merubah alamat maupun titik lokasinya juga bisa memanfaatkan akun di google business. Diawali dengan login lewat situs Google Bisnisku, yang tentunya menggunakan email berikut passwordnya. Selanjutnya tentukan lokasi dan alamat yang hendak diubah, dengan memilih menu dan mengklik info.

Kemudian klik Kolom-Alamat, lalu masukkan informasi dan data terbaru. Dapat juga pengguna menarik penanda lokasi-nya ke tempat yang dikehendaki dan lanjutkan dengan mengklik tombol terapkan. Pastikan akun google bisnisku milik pengguna sudah terverifikasi sebelumnya.

Baca juga:  Cara Merubah Size PDF Online dan Offline Paling Mudah

Nah, demikianlah cara merubah alamat di google map  yang terbaru di tahun 2021. Sehingga akan sangat membantu para pengguna layanan Google Map dengan informasi yang terupdate.  Semoga menginspirasi dan bermanfaat.