Cara Membuat Pesan Otomatis di WA tanpa Aplikasi Pada WA Bisnis

Fast response adalah kunci utama dalam bisnis. Pada WA segala jenis pesan bisnis harus segera direspons. Maka dari itu cara membuat pesan otomatis di WA tanpa aplikasi menjadi sangat dibutuhkan. Apa lagi dengan banyaknya pesan masuk yang tidak mungkin dibalas satu per satu.

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang dapat mengirim pesan otomatis. Tetapi aplikasi tersebut dirasa cukup merepotkan. Sedangkan di WA sendiri, pesan otomatis hanya dapat digunakan pada WA bisnis. Berikut adalah informasi mengenai WA bisnis dan pesan otomatis yang dapat digunakan, yaitu:

Mengenal WA Bisnis

WA bisnis adalah aplikasi WhatsApp khusus yang dibuat oleh WhatsApp LLC untuk penggunaan komersial. WA bisnis pada umumnya hampir sama dengan WA biasa, hanya saja memiliki fitur lebih untuk pengguna bisnis. Aplikasi ini dapat menyortir dan membalas pesan dengan cepat yang tidak ada pada WA biasa.

Ada 5 fitur WA bisnis yang dapat menjadi berguna bagi kegiatan perdagangan. Ada katalog sebagai galeri produk, dan keranjang untuk pembeli yang tertarik dengan produk. Kemudian label untuk penyematan kontak dan obrolan. Profil bisnis sebagai informasi bisnis, dan terakhir pesan otomatis.

Mengenal Pesan Otomatis

Pesan otomatis adalah fitur dalam WA bisnis yang dapat merespon pembeli secara cepat. Fitur ini memanfaatkan teknologi robot dalam WA bisnis, sehingga penjual tidak perlu repot mengetik pesan. Pesan otomatis biasanya digunakan sebagai respon awal penjual agar pembeli tidak kabur.

Pesan dalam pesan otomatis biasanya direkam atau dibuat terlebih dahulu oleh penjual. Fitur ini akan otomatis aktif jika pembeli mengirimkan obrolan kepada penjual. Moment ini sangatlah penting, maka dari itu pesan yang dibuat haruslah baik. Fitur ini dapat diaktifkan ketika penjual tidak aktif atau terlalu sibuk.

Baca juga:  5 Cara Agar Streaming di YouTube Terhitung

Cara Mengaktifkan Pesan Otomatis

Meskipun namanya pesan otomatis, tetapi untuk mengaktifkan fitur ini tidaklah otomatis. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar fitur ini dapat dimanfaatkan. Berikut adalah beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam mengaktifkan pesan otomatis, antara lain:

1. Download Terlebih Dahulu WA Bisnis

WA bisnis adalah aplikasi terpisah dari WA messenger, maka dari itu aplikasi ini perlu diinstal terlebih dahulu. Pengunduhan dapat dilakukan di Google Play Store atau pun website resmi WhatsApp. Jika sudah diunduh, lakukan penginstalan dan setujui segala izin akses agar aplikasi dapat digunakan.

2. Atur Pengaturan WA Bisnis Secara Benar

Karena WA bisnis akan digunakan untuk kebutuhan komersil, maka WA bisnis harus diatur sebaik-baiknya. Hal ini agar informasi bisnis dapat tersalurkan dengan baik sehingga pembeli dapat menaruh kepercayaannya. Informasi yang jelas akan membeli kesan kredibel kepada penjual.

Adapun pengaturan yang baik adalah dengan mendaftarkan nomor handphone yang valid. Kemudian buatlah akun yang jelas seperti memberi nama usaha yang sesuai dan mudah dimengerti. Terakhir masukan informasi profil yang lengkap dan valid agar usaha semakin dapat dipercaya.

3. Nyalakan Fitur Pesan Otomatis

Cara membuat pesan otomatis di WA tanpa aplikasi dapat dilakukan setelah 2 langkah di atas telah dipenuhi. Untuk mengaktifkan fitur ini, pertama masuklah ke opsi lanjutan yang ada di pojok kanan atas. Kemudian masuk fitur bisnis dan tap dibagian pesan diluar jam kerja.

Akan ada fitur send away, aktifkan itu dan buat pesan di kolom yang telah tersedia. Atur waktu pengiriman pada bagian jadwal, misalnya selalu kirim atau kirim di jam-jam tertentu (custom schedule). Atur penerima, misalnya semua orang atau orang tertentu.

Baca juga:  Cara Merubah Size PDF Online dan Offline Paling Mudah

Cara membuat pesan otomatis di WA tanpa aplikasi tentunya dapat memberi keleluasaan penjual dalam berbisnis. Ini karena akan ada waktu dimana penjual tidak selalu berhadapan dengan WA. Pesan otomatis pastinya akan menguntungkan karena seolah akan membuat penjual selalu aktif.