Ajaib! 5 Cara Mengatasi Kuota Indosat Tidak Bisa Digunakan

Provider Indosat banyak sekali menawarkan paket kuota menarik dan murah. Tetapi terkadang kuota tidak bisa digunakan karena beberapa masalah. Cara mengatasi kuota Indosat tidak bisa digunakan sepertinya memang harus diketahui pengguna kartu Indosat. Hal ini agar pengguna provider Indosat tidak merasa dirugikan.

Permasalahan pada kuota internet yang tidak bisa digunakan sebenarnya ada beberapa sebab. Bisa karena permasalahan jaringan, cuaca tidak bagus, ataupun maintenance dari pihak Indosat. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa dicoba jika mengalami kuota Indosat yang tidak bisa dipakai, antara lain:

1. Restart Handphone

Melakukan restart handphone bisa menjadi solusi pertama yang bisa dicoba. Permasalah pada kuota internet, mungkin saja ada kaitannya dengan sistem handphone yang mulai tidak baik. Melakukan restart handphone dapat membuat sistem kembali segar setelah sekian lama digunakan.

Selain itu kuota internet tidak berjalan lancar bisa jadi karena traffic internet yang terlalu penuh. Ini bisa saja terjadi karena banyaknya aplikasi yang terbuka dan berjalan di latar belakang. Melakukan restart handphone dapat mengatur ulang jaringan menjadi lebih baik.

2. Memanfaatkan Mode Pesawat

Permasalah pada kuota Indosat mungkin saja terjadi karena jaringan yang tidak stabil. Jaringan perlu direstart agar perangkat dapat menangkap jaringan yang lebih stabil. Cara termudah yang bisa dilakukan untuk permasalah ini adalah dengan memanfaatkan mode pesawat.

Saat mengaktifkan mode pesawat, seluruh jaringan pada perangkat akan mati. Mulai dari sinyal, WiFi, bluetooth, hingga GPS. Tetapi ketika mode pesawat dimatikan, jaringan akan aktif lagi seperti saat pertama kali dinyalakan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, aktifkanlah mode pesawat beberapa menit kemudian matikan.

3. Mengganti Prioritas Jaringan

Umumnya di Indonesia sudah menerapkan jaringan 4G di seluruh wilayahnya. Tetapi ada juga beberapa wilayah yang belum dapat menikmati hal itu. Ini bisa jadi karena kondisi geografis atau provider yang belum mencapai wilayah tertentu. Hal inilah yang mungkin membuat paket 4G Indosat tidak dapat dipakai.

Baca juga:  Cara Membuat Pesan Otomatis di WA tanpa Aplikasi Pada WA Bisnis

Cobalah untuk mengganti jaringan dari 4G ke 3G. 4G pada wilayah yang belum didukung, justru akan membuat konektifitas menjadi buruk. Jika seperti ini maka mengganti jaringan ke 3G menjadi pilihan terbaik.

4. Atur Ulang APN

APN atau Access Point Network adalah gerbang masuk pengguna perangkat internet untuk bisa mengakses internet. Kesalahan pada pengaturan APN terkadang yang membuat akses internet tidak dapat dimasuki. Mungkin karena inilah paket Indosat menjadi tidak dapat dipakai.

Untuk mengatasi hal ini, cara terbaik yang dapat dilakukan adalah mengembalikan APN ke pengaturan default. Cara merubah pengaturan ini adalah dengan masuk menu pengaturan, jaringan seluler, lalu APN. Masuk ke menu opsi lanjutan, dan pilih setel ulang ke default.

5. Atur Ulang Kartu Internet

Jaman sekarang banyak sekali ponsel yang mendukung dualitas kartu SIM di dalamnya. Kesalahan pada settingan kartu SIM inilah yang bisa menjadi penyebab kuota Indosat tidak berfungsi. Biasanya ini terjadi karena penggunanya sering menggonta-ganti penggunaan kartu SIM.

Cara mengatasi kuota Indosat tidak bisa digunakan karena hal ini adalah dengan mengganti pengaturan kartu kembali ke Indosat. Pertama masuklah ke menu pengaturan kemudian manajemen SIM. Masuk ke sambungan data, lalu pilih kartu Indosat. Internet Indosat otomatis akan menjadi aktif dan dapat digunakan.

Membeli paket Indosat yang tidak dapat digunakan pastinya akan sangat menjengkelkan. Untung saja dengan adanya cara mengatasi kuota Indosat tidak bisa digunakan, para pengguna Indosat dapat mengetahui permasalahannya. Tetapi jika cara diatas tidak berhasil, ada baiknya untuk berkonsultasi langsung pada pihak Indosat.