Cara Meringankan Laptop Windows 10 untuk WFH yang Lebih Efektif

Apakah laptop pembaca terasa lambat dan tidak responsif? Kebanyakan pengguna tidak menyadari aktivitasnya meninggalkan sampah di laptop. Sampah ini akan terus menumpuk dan membuat sistem laptop tidak bisa bekerja normal. Apabila laptop pengguna menggunakan Windows 10, maka cara meringankan laptop Windows 10 berikut perlu dipelajari, yaitu:

1. Matikan Program yang Tidak Digunakan di Task Manager

Kebanyakan laptop yang berjalan lambat atau tidak responsif disebabkan oleh aplikasi yang berjalan di background. Aplikasi ini biasanya bisa berjalan secara otomatis meskipun pengguna tidak membukanya. Saat laptop dinyalakan, aplikasi ini akan berjalan secara otomatis pada background.

Aplikasi yang berjalan secara otomatis ini memenuhi sistem dan membuat sistem tidak bisa berjalan normal. Oleh karena itu, pembaca perlu menghentikan aktivitas aplikasi ini. Buka Task Manager dengan melakukan klik kanan pada taskbar. Selanjutnya, pembaca bisa melihat aplikasi apa saja yang bisa berjalan di background. Ketuk End Task untuk mematikan aplikasi tersebut.

2. Matikan Efek Animasi Pada Tampilan Laptop

Laptop yang lambat dan tidak responsif juga bisa menjadi salah satu sebab dari efek animasi pada tampilan laptop. Pengguna tentunya tahu bahwa tampilan animasi pada laptop membuat daya baterai dan sistem RAM laptop lebih boros. Jika sistem RAM penuh, maka laptop akan secara otomatis menjadi lambat dan tidak responsif.

Matikan efek animasi pada tampilan laptop dengan masuk ke menu Setting. Selanjutnya, pilih System  lalu lanjutkan dengan mengetuk opsi About. Pada tampilan berikutnya pilih tab Advanced. Pada opsi Performance pilih menu Setting. Dalam menu tersebut, terdapat tab Visual Effects. Lanjutkan dengan pilih Adjust for The Best Performance. Ketuk Ok untuk menyimpan perubahan.

Baca juga:  Pilihan Cara Nonton YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lain Di Xiaomi, Menggunakan Atau Tanpa Aplikasi

3. Hapus Cache

Cara meringankan laptop Windows 10 berikutnya adalah dengan menghapus cache pada laptop. Setiap pengguna mengakses situs maupun menyimpan file, laptop secara otomatis akan menyimpan salinan file atau rekam kunjungan situs dalam bentuk cache. Jika tidak dibersihkan secara rutin, cache ini akan memenuhi sistem laptop.

Untuk itu, pengguna laptop perlu membersihkan cache secara rutin. Caranya cukup mudah. Pengguna cukup membuka File Explorer pada laptop. Setelah membuka tempat penyimpanan data di laptop ini, klik kanan pada penyimpanan Local Disk C. Pada opsi yang ditampilkan berikutnya pilih Properties. Selanjutnya hapus cache laptop dengan klik Disk Clean-up.

4. Lakukan Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

Apabila semua cara di atas belum membuahkan hasil, pembaca bisa menggunakan cara ini. Cara meringankan laptop Windows 10 kali ini dilakukan dengan melakukan uninstall aplikasi yang tidak terpakai pada laptop. Pelepasan pemasangan aplikasi ini juga bermanfaat guna mencegah aplikasi untuk bekerja diluar kendali pengguna.

Ruang penyimpanan juga mudah menjadi penuh sebab aplikasi-aplikasi yang terpasang dalam laptop. Untuk itu, pembaca bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak pernah digunakan dalam laptop. Walaupun aplikasi tidak pernah digunakan, aplikasi dengan ukuran file cukup besar bisa menghabiskan ruang penyimpanan dan membuat laptop menjadi lambat.

5. Lakukan Update Windows

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk meringankan laptop pembaca jika keempat cara di atas tidak bisa mengatasinya adalah dengan melakukan update Windows. Seperti yang diketahui, Windows akan mendapatkan update sistem secara berkala.

Update Windows ini biasanya bukan hanya memberikan update fitur. Troubleshoot yang terjadi di laptop pembaca juga bisa diatasi dengan update Windows. Dengan pembaca melakukan update Windows, laptop pembaca akan mendapatkan pembaruan sistem sehingga sistem disegarkan kembali.

Baca juga:  Inilah 5 Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti di Samsung

Itulah 5 cara meringankan laptop Windows 10 yang tidak memerlukan bantuan aplikasi tambahan lain maupun jasa servis laptop. Pengguna laptop sebaiknya melakukan cek, bersih-bersih, dan update secara berkala. Apabila laptop terawat dan terawasi secara rutin, maka laptop bisa berjalan normal dan dapat menunjang kegiatan WFH secara efektif.