Cara Membuat Animation di Power Point Mudah dan Simpel

Animasi adalah efek visual dalam sebuah slide presentasi Power Point. Fungsi dari animasi tidak hanya sebagai pemanis dari sebuah slide presentasi. Lebih dari itu, animasi bertujuan untuk menarik fokus audien pada pembicara atau materi yang disampaikan. Melihat pentingnya animasi ini, maka terdapat cara membuat animation di Power Point yang perlu diketahui.

Cara untuk Membuat Animation di Power Point dengan Mudah

Saat melakukan presentasi menggunakan Power Point, penyajian materi yang singkat, padat dan jelas saja tidak cukup. Membuat sebuah presentasi menarik bisa dengan memanfaatkan efek visual berupa animasi. Cara membuat animation di Power Point sangat mudah. Sebelum memulai, pastikan slide presentasi sudah berisi materi. Selanjutnya, ikuti cara berikut ini:

1. Pilih Objek yang Dingin Dijadikan Animasi

Animasi bisa berupa gambar, teks ataupun shape. Sesuaikan objek animasi dengan kebutuhan pada materi yang dibuat. Tidak ada batasan jumlah objek animasi. Jika ingin memilih lebih dari satu objek, tekan dan tahan tombol Ctrl dan klik objek yang diinginkan.

2. Pilih Jenis Animasi yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis animasi. Jenis animasi pada Power Point ada empat. Pertama, Entrance Effect yang berfungsi untuk memberikan efek animasi berupa kemunculan sebuah objek dari tidak ada menjadi ada. Kedua, Emphasis Effect yang berfungsi untuk menekankan suatu objek, sehingga objek tersebut terlihat lebih menonjol dari pada sekitarnya.

Ketiga, Exit Effect yaitu jenis animasi yang berfungsi untuk menghilangkan suatu objek pada tampilan slide. Keempat, Motion Path yang memiliki fungsi efek memindahkan objek dari titik A ke titik B. Pilih jenis animasi yang inginkan pada tab Animation. Kemudian klik tanda panah ke bawah untuk memunculkan lebih banyak pilihan animasi.

Baca juga:  Pilihan Cara Nonton YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lain Di Xiaomi, Menggunakan Atau Tanpa Aplikasi

3. Atur Durasi Animasi

Durasi atau waktu animasi muncul dan berjalan pada tampilan slide sangat penting. Sebagaimana fungsi awalnya, animasi dibuat untuk menarik fokus audien. Namun pemilihan waktu yang tidak tepat, durasi yang terlalu cepat atau terlalu lambat bisa mengganggu presentasi dan merusak fokus audien.

Cara mengatur durasi animasi sangat mudah. Pertama, pilih objek yang telah diberi efek animasi. Lalu pilih tab Animation pada Ribbon Bar. Klik menu Animation Pane (untuk jenis ppt 2010, 2013, dan 2016) atau Custom Animation (untuk jenis ppt 2007).

Pada tampilan dialog Animation Pane, lakukan klik kanan pada tulisan objek yang ingin diatur durasinya dan pilih timing. Atur waktu dan durasi yang diinginkan, misalnya senilai 0,3 artinya animasi tersebut akan bergerak selama 0,3 detik. Sesuaikan dengan kebutuhan, jangan terlalu cepat atau terlalu lambat.

4. Atur Urutan Tampilan Animasi

Cara membuat animation di Power Point yang keempat adalah mengatur urutan sebuah animasi. Mengatur urutan animasi sangat diperlukan dalam jenis presentasi yang menjelaskan suatu proses secara bertahap. Hal ini akan membuat presentasi terlihat lebih elegan dan profesional.

Cara mengatur urutan animasi itu pertamanya, pilih objek yang telah disemati efek animasi. Lalu pada tab Animation bagian timing terdapat pengaturan menu Reorder Animation. Menu ini berfungsi untuk memilih animasi yang dingin ditampilkan atau dijalankan lebih dahulu.

Terdapat dua pilihan pengaturan yakni Move Earlier untuk membuat sebuah objek animasi berjalan lebih dulu. Kemudian pilihan Move Later untuk membuat animasi berjalan selanjutnya atau di bagian akhir. Terakhir, atur sedemikian rupa sampai menemukan tampilan animasi yang pas dan cocok dengan kebutuhan presentasi.

Baca juga:  Cara Menambahkan Deskripsi Musik di YouTube yang Paling Tepat

Animasi merupakan salah satu fitur penting pada Microsoft Power Point selama digunakan dengan tepat sesuai kebutuhan. Cara membuat animation di Power Point juga sangat mudah dan simpel. Tidak seperti membuat animasi yang kompleks pada sebuah aplikasi, fitur tab Animation pada Power Point memungkinkan siapa saja bisa membuat animasi presentasi dengan mudah.