Inilah Cara Merubah Size Foto, Anti Ribet!

Foto biasanya digunakan untuk mengabadikan sebuah momen yang bisa dikenang setiap melihatnya. Tak jarang seseorang ingin mengunggah foto yang dimiliki namun terkendala dengan ukuran foto. Terdapat cara merubah size foto yang bisa dilakukan dengan aplikasi atau pun tanpa aplikasi.

Merubah ukuran sebuah foto tanpa aplikasi, biasanya banyak digunakan oleh pengguna ponsel. Namun, untuk merubah ukuran foto dengan aplikasi, akan lebih mudah jika memakai perangkat komputer. Berikut ini situs dan aplikasi yang bisa digunakan untuk merubah ukuran sebuah foto, antara lain:

1. iLoveIMG

Pengguna cukup mengetikkan kata iLoveIMG pada kolom di mesin pencari, setelah itu akan muncul hasil pencarian pada urutan pertama. Masuk ke situs tersebut, pengguna bisa menekan tombol pilih gambar dan mulai pilih foto yang akan diubah ukurannya. Setelah dipilih, unggah foto tersebut sampai muncul pada tampilan situs, kemudian akan menampilkan menu opsi ubah ukuran.

Opsi tersebut terbagi menjadi 2, disesuaikan menurut persentase atau pixel, atur lebar dan tinggi foto jika menggunakan ukuran pixel. Kemudian, centang pada pilihan pertahankan rasio aspek, jika sudah sesuai cukup klik ubah ukuran gambar. Setelah selesai, pengguna bisa langsung mengunduhnya dengan menekan tombol unduh gambar yang diubah ukurannya.

2. IMGonline

Masuk ke situs IMGonline dengan mengetikkan pada browser dan akan muncul pada hasil pencarian pertama. Tak berbeda jauh dengan iloveimg, imgonline juga bisa merubah foto dengan format JPEG, BMP, hingga PNG.

Pengguna bisa menekan tombol choose file pada pilihan select image in BMP, PNG, JPEG, TIFF, GIF format. Kemudian pilih gambar yang akan diubah dan pengguna bisa mengatur ukuran sesuai dengan kebutuhan, seperti tinggi dan lebar yang disesuaikan. Lalu, pengguna bisa ceklis di opsi type of resizing dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga:  Cara Membuat Pesan Otomatis di Telegram dan Menghapusnya

Kemudian, pengguna bisa klik menu output image format untuk memilih format dari hasil gambar yang diubah. Format banyak digunakan adalah JPEG, pengguna bisa memilih pilihan standart serta mengisi pada kolom quality memakai nomor 92. Lalu, pilih OK dan open processed image untuk melihat hasilnya sebelum diunduh, serta download processed image untuk mengunduhnya.

3. Pixlr

Kunjungi situs pixlr di browser, kemudian pengguna bisa klik tombol buka gambar, lalu pilih gambar yang akan diubah. Pengguna bisa memilih menu yang berada pada sebelah kiri layar dan pilih tata letak & template untuk mengubah ukuran gambar. Pengguna bisa memilih mengubah ukuran dengan format pixel atau pun persentase.

Apabila menggunakan pixel, pengguna cukup mengubah pada salah satunya saja. Pengguna memasukkan angka pada kolom tinggi, maka kolom lebar akan menyesuaikan dengan otomatis. Lalu, pilih simpan dan tentukan format serta kualitas yang diinginkan, kemudian unduh.

4. Paint

Paint biasanya sudah terpasang pada setiap perangkat komputer, maka cara merubah size foto yang lebih praktis. Buka Paint, klik pada menu bar file, lalu klik open dan pilih foto yang akan diubah ukurannya.

Kemudian, setelah foto ditampilkan, pengguna bisa memilih menu home dan pilih resize. Atur ukuran sesuai dengan yang diinginkan, lalu centang maintain aspect ratio untuk hasil yang maksimal.

5. Photoshop

Apabila ingin menggunakan Photoshop, perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah diunduh, buka Photoshop dan klik open, pilih foto yang akan diubah ukurannya. Kemudian, klik menu image dan pengguna bisa memilih image resize untuk mulai mengubah ukuran foto.

Pengguna bisa mengatur size foto sesuai dengan kebutuhan, tak hanya itu, pengguna juga bisa mengatur resolusinya. Lalu, simpan gambar yang telah diubah sizenya tersebut, gambar akan tersimpan pada folder sesuai dengan lokasi menyimpan sebelumnya.

Baca juga:  3 Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai atau Belum

Berbagai cara merubah size foto bisa menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi, sesuai dengan kebutuhan. Kedua cara tersebut bisa menghasilkan foto yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Situs dan aplikasi tersebut juga yang banyak digunakan oleh editor foto pemula maupun profesional.