Inilah 5 Cara Mengatasi Lupa Pin Gopay 2021

Saat ini keberadaan Gopay sebagai dompet digital sudah demikian banyak diminati orang. Namun, permasalahan PIN pada penggunaan dompet digital menjadi hal yang manusiawi, dikarenakan banyaknya dompet digital yang dimilikinya. Untuk itu diperlukan cara mengatasi lupa PIN gopay tersebut.

Banyaknya aplikasi yang dimiliki seseorang, seringkali menjadi permasalahan serius terutama ketika lupa memasukkan kode PIN Gopay nya. Tentunya hal tersebut akan cukup merepotkan, karena akan menyebabkan kegagalan saat bertransaksi. Untuk itu diperlukan beberapa cara mengatasi lupa PIN gopay dengan cepat dan tepat, sebagaimana berikut:

Reset Melalui SMS

PIN Gopay sebenarnya sudah dibuat bersamaan ketika pengguna mendaftar diri di Gojek, yang kemudian digunakan untuk mengaktifkan metode pembayarannya. Untuk itu pastikan terlebih dulu keaktifan nomor yang pengguna daftarkan sebelumnya. Sebab pengguna diwajibkan punya akses dengan nomornya untuk pengiriman kode OTP nya.

Cara mengatasi lupa PIN gopay yang pertama dan termudah adalah dengan mengatur ulang melalui SMS. Nah, untuk mengatasi lupa PIN Gopay juga dapat dilakukan dengan mereset PIN nya, sebagaimana berikut:

  • Buka halaman utama di aplikasi Gojek, lalu tap menu “lainnya”. Kemudian buka menu “pengaturan”.
  • Mulai atur menu metode pembayaran, kartu-debit, serta PIN-nya dengan mengklik “lupa PIN”.
  • Isi kolom yang tersedia dengan PIN baru dan ketik ulang PIN baru tersebut di kolom yang disediakan.
  • Maka Gopay segera akan mengirimkan kode OTP-nya untuk konfirmasi melalui SMS. Segera masukkan kode OTP tersebut.
  • Selanjutnya PIN Gopay milik pengguna sudah berhasil di reset.

Apabila diperlukan, pengguna juga dapat mengganti PIN nya dengan lebih sederhana, melalui menu “pengaturan” selanjutnya pilih ubah PIN. Dimulai dengan memasukan PIN lamanya. Kemudian membuat PIN terbarunya, lalu konfirmasikan PIN baru tersebut. Maka, pengguna sudah berhasil mengganti PIN nya, tanpa perlu menggunakan kode OTP.

Baca juga:  Cara Membuat Pesan Otomatis di WA tanpa Aplikasi Pada WA Bisnis

Persoalan PIN memang cukup rawan, sehingga perlu dijaga kerahasiaannya, jangan sampai orang lain mengetahui kode rahasia tersebut. Selain itu hindari penggunaan kode PIN yang mengandung unsur hari ulang tahun , nomor kontak, atau dengan PIN dari kartu ATM lainnya. Demikian juga dengan kode OTP dari dompet digitalnya.

Bila Terlanjur Terblokir

Karena suatu hal, terkadang pengguna salah memasukkan kode PIN-nya di Gopay. Tentunya akan ditolak apabila pengguna melakukan berturut-turut 3 kali kesalahan dalam memasukkan kode PIN gopay nya. Maka, secara otomatis pihak Gojek akan memblokir, guna mengamankan akun milik pengguna tersebut.

Untuk membuka blokiran akun di gopay nya, pengguna dapat menunggu hingga PIN dibuka kembali. Proses ini membutuhkan waktu istirahat kurang lebih 15 menit hingga 1 jam sebelum mulai bertransaksi lagi.

Lewat Customer Service

Untuk cara mengatasi lupa PIN gopay berikutnya adalah dengan meminta bantuan lewat customer service. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang sudah kehilangan akses untuk nomor kontak SMS nya. Untuk nomor kontak Customer-Service Gojek adalah 1500304 dengan alamat email di customerservice@gojek.com.

Data diri pengguna pastinya akan dipertanyakan melalui email. Untuk itu pengguna cukup memperkenalkan diri serta mulai menceritakan kronologis lupa PIN. Kemudian tunggu dengan mengikuti petunjuk dan arahan dari CS tersebut.

Nah, demikianlah  cara mengatasi lupa PIN gopay 2021. Apalagi jika akun dan aplikasi yang dimilikinya cukup banyak, dengan kode PIN yang berbeda-beda. Sehingga beberapa cara tersebut di-atas akan sangat membantu para pengguna dompet digital. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.