5 Aplikasi untuk Mengecilkan Ukuran Foto dengan Cepat dan Mudah

Pernah gagal mengunggah foto karena ukurannya yang besar? Beberapa platform memang hanya bisa memuat foto dengan ukuran kecil saja. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir karena kemajuan teknologi saat ini bisa mengecilkan ukuran foto. Prosesnya pun mudah dan cepat. Simak 5 aplikasi untuk mengecilkan ukuran foto di bawah ini untuk penjelasan lebih lanjutnya:

1. Photo & Picture Resizera

Aplikasi yang pertama adalah Photo & Picture Resizer. Selain sudah banyak diketahui, aplikasi ini juga sudah cukup populer sebagai aplikasi yang biasa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto. Photo & Picture Resizer ini bisa dioperasikan menggunakan ponsel.

Pengguna dengan aplikasi ini bisa mengubah ukuran foto baik dari ukuran file maupun dimensinya. Jadi misalnya ukuran foto 10MB bisa dikecilkan menjadi 2MB. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengurangi jumlah pixel dalam foto. Memotong dan membuat foto tampak lebih kecil juga bisa dilakukan dengan cukup mudah dengan Photo & Picture Resizer.

2. Reduce Photo Size

Selanjutnya, untuk mengecilkan ukuran foto pengguna juga bisa dilakukan dengan aplikasi Reduce Photo Size. Aplikasi ini bisa diunduh dari Play Store smartphone. Betul sekali! Itu artinya aplikasi Reduce Photo Size tersedia untuk digunakan di ponsel tanpa harus membuka PC atau laptop.

Cara aplikasi ini mengecilkan ukuran foto adalah dengan mengubah ukurannya. Jika aplikasi ini dibuka, pengguna bisa melakukan import foto yang akan dikecilkan ukurannya langsung. Kemudian, pengguna akan ditampilkan beberapa pilihan resolusi ukuran foto. Pengguna bisa memilih resolusi foto yang sesuai dan bahkan mengatur resolusi yang diinginkan sendiri.

3. Photo Compress

Aplikasi untuk mengecilkan ukuran foto ini juga masih bisa digunakan di ponsel. Nama aplikasi ini adalah Photo Compress 2.0. Seperti namanya, aplikasi ini bisa mengompres foto dan membuatnya memiliki ukuran yang lebih kecil.

Baca juga:  5 Aplikasi Edit Foto Karikatur Yang Bisa Menghasilkan Foto Aesthetic

Pengguna akan disajikan pilihan kualitas hasil kompres. Mulai dari kualitas rendah, sedang, dan tinggi bisa pengguna sesuaikan sendiri. Selain itu, meskipun foto dikompres dengan kualitas hasil kompres terendah, hasil foto akan tetap sama persis tanpa blur atau kerusakan. Berbeda dengan Reduce Photo Size, aplikasi ini bisa mengecilkan ukuran foto dengan ukuran dimensi foto yang tetap sama. Menarik bukan?

4. Fileminimizer Picture

Selain ketiga aplikasi di atas, untuk mengecilkan ukuran foto juga bisa menggunakan aplikasi pada PC/laptop. Salah satunya adalah dengan aplikasi Fileminimizer Picture. Hampir sama seperti aplikasi untuk mengecilkan ukuran foto dengan ponsel di atas, namun ada beberapa fitur dari aplikasi PC/laptop yang akan lebih memanjakan pengguna.

Salah satu fitur hebat dari aplikasi ini adalah tingkat kompres foto yang bisa mencapai 98 persen. Pengguna bisa mengecilkan ukuran fotonya hingga 98 persen lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Meskipun demikian, pengguna juga tetap bisa memilih tingkat kompres fotonya sendiri. Mulai dari low, standard, hingga high compression sesuai dengan yang diinginkan.

5. PhotoMark

Aplikasi yang terakhir adalah PhotoMark. Sama seperti Fileminimizer Picture, aplikasi ini bisa digunakan di PC/laptop. PhotoMark adalah aplikasi berbasis Wizard sehingga bisa digunakan di PC/laptop dengan sistem operasi Windows. Kelebihan aplikasi ini adalah dapat mengecilkan ukuran beberapa foto secara bersamaan.

Dengan begitu jika pengguna perlu mengecilkan ukuran beberapa foto, pengguna tidak perlu melakukannya satu per satu. Versi gratis aplikasi ini bisa digunakan secara bebas, namun pengguna tetap bisa melakukan upgrade ke versi full edition kapan pun. Sebagai fitur tambahan, aplikasi ini juga dapat membantu pengguna untuk membuat watermark pada foto.

Baca juga:  Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Biasa dengan Aplikasi Auto Reply

Demikian 5 aplikasi untuk mengecilkan ukuran foto yang cepat dan mudah. Sekarang tidak perlu takut gagal lagi saat mengunggah foto karena ukuran fotonya yang terlalu besar. Pilih salah satu aplikasi di atas dan lakukan pemasangan pada perangkat sekarang. Pengguna bisa mendapatkan hasil kompres ukuran foto yang berkualitas hanya dengan beberapa kali ketuk.