3 Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai atau Belum

Pengguna setia operator XL pasti tidak asing dengan voucher pulsa maupun voucher internet XL. Dengan membeli voucher, pengguna bisa mengisi pulsa atau mengaktifkan paket data sendiri kapan pun. Namun, apakah pengguna sudah tahu cara cek voucher XL sudah terpakai atau belum? Cek ulasan berikut untuk membantu pengguna agar tidak salah membeli voucher XL yang sudah terpakai:

1. Cek Voucher dari Kondisi Fisiknya

Cara cek yang pertama adalah dengan melihat dari kondisi fisik si voucher. Di pasaran biasanya voucher pulsa atau paket data dijual dalam bentuk seperti kartu. Dengan beberapa gambar yang memperlihatkan nama operator tentunya, tampilan fisik kartu voucher ini biasanya juga memiliki beberapa indikator yang bisa digunakan untuk cek voucher tersebut baru atau sudah tidak bisa dipakai.

Bagian terpenting pada voucher adalah 16 digit kode yang akan digunakan untuk aktivasi voucher. 16 digit kode ini biasanya tertutup hologram berwarna silver. Hologram yang sudah rusak atau tergosok bisa menjadi tanda jika kode 16 digit tersebut sudah terbuka dan mungkin saja sudah terpakai. Maka, pengguna sebaiknya tidak membeli voucher dengan hologram yang rusak atau sudah terbuka.

Selain bagian berlapis hologram silver, ada indikator lain yang bisa membantu pengguna untuk mengetahui voucher bisa dipakai atau tidak. Meskipun hologram masih tertutup dengan rapi namun tanggal expired sudah berlalu, voucher XL tidak akan bisa digunakan. Pengguna perlu mengetahui bahwa voucher memiliki batas waktu untuk pengaktifan yang tercantum dalam bentuk tanggal expired.

2. Cek Voucher dengan Chip Dompul

Dompul adalah singkatan dari Dompet Pulsa. Dompul ini adalah chip yang digunakan untuk melakukan pengisian pulsa XL memakai hp. Chip ini biasanya digunakan oleh para penjual pulsa yang biasa dijumpai di konter-konter pulsa. Untuk melakukan pengecekan dengan cara ini, pengguna bisa meminta bantuan penjual pulsa untuk mengecek voucher.

Baca juga:  7 Cara Merubah Ukuran File Foto dengan Mudah Tanpa Merubah Kualitas

Cara cek voucher XL dengan memakai dompul dilakukan dengan melakukan panggilan ke *151*58782# pada chip dompul. Setelah mengetikkan kode, ikuti dengan kode yang berada tepat di samping hologram pada voucher. Lakukan panggilan dan tunggu pemberitahuan berikutnya untuk hasil cek voucher XL.

3. Cek Voucher dengan Baca Kode

Kode replay bisa dipakai sebagai cara cek voucher XL sudah terpakai atau belum. Pengguna akan mendapatkannya jika pengguna melakukan cek dengan chip dompul atau jika pengguna diinformasikan kode ini dari penjual voucher. Kode ini berisi informasi terkait tanggal dan konfirmasi apakah voucher sudah terpakai atau belum.

Kode ini terdiri dari 12 angka yang disusun secara acak. Untuk bisa mengerti arti kode ini pengguna perlu mengetahui cara membacanya. Format kode adalah XXYYXXDDXXMM yang berarti YY adalah tahun, DD adalah tanggal, dan MM adalah bulan. Jadi, jika kode replay adalah 871933107812 berarti tanggal 12 bulan 12 tahun 2019.

Tanggal yang tertulis pada kode tersebut memiliki arti. Apabila pengguna mendapatkan kode replay demikian berarti voucher XL belum dipakai dan masih bisa dipakai sebelum tanggal 12 Desember 2019. Apabila voucher sudah pernah digunakan maka pengguna atau penjual pulsa tidak akan menerima kode. Hasil cek voucher yang sudah dipakai akan menginformasikan jika voucher sudah terpakai.

Demikian ulasan ini. Semoga ketiga cara di atas bisa membantu pengguna untuk mengetahui voucher XL masih bisa dipakai atau tidak. Lakukan cara cek voucher XL sudah terpakai atau belum di atas guna menghindari kerugian jika membeli voucher bekas. Gunakan cara manapun yang sesuai dengan pengguna. Selamat mencoba.