Rekomendasi Aplikasi Untuk Melacak No HP, Solusi Mengatasi Penelpon Gelap

Jika diperhatikan, semakin maju teknologi semakin marak terjadi kejahatan digital. Salah satu contohnya adalah Scam Call. Kejahatan ini berawal dengan nomor gelap atau nomor tidak dikenal yang menelpon pengguna. Biasanya scam call  berujung dengan penipuan atau pemerasan. Namun sekarang pengguna ponsel cerdas tidak perlu khawatir karena 7 aplikasi untuk melacak no HP ini bisa membantu mencegah terjadinya Scam Call:

1. GetContact

Rekomendasi aplikasi untuk melacak no HP yang pertama adalah GetContact. GetContact yang bekerja dengan cara urun daya atau CrowdSourcing ini relative banyak digunakan. Aplikasi ini terbukti bisa memunculkan info nomor gelap yang menelpon seperti bagaimana kontak ini dinamai di ponsel orang lain. Aplikasi Getcontact juga membantu pengguna memblokir nomor gelap yang mencurigakan.

2. TrueCaller

Yang kedua adalah aplikasi lacak nomor TrueCaller. Jika dibandingkan dengan Getcontact, aplikasi ini memiliki fungsi yang dapat dikatakan hampir sama. Aplikasi TrueCaller bisa melacak kontak nomor hampir seluruh nomor di seluruh dunia. Database aplikasi yang sangat besar memungkinkan aplikasi ini untuk melacak lebih banyak nomor telepon di seluruh dunia. Aplikasi ini bisa dinikmati oleh pengguna Android maupun iOS secara gratis.

3. Caller ID

Yang selanjutnya adalah aplikasi Caller ID. Aplikasi ini bekerja dengan mengumpulkan data ID nomor telepon pengguna. Aplikasi ini akan secara otomatis mengumpulkan ID nomor tidak dikenal yang menelepon dan langsung memunculkannya kepada pengguna sehingga pengguna bisa melakukan pencegahan awal jika ternyata nomor yang menelepon adalah nomor yang mencurigakan.

4. Eyecon

Rekomendasi yang keempat adalah aplikasi Eyecon. Kabar gembiranya adalah pengguna Android dan iOS bisa menggunakan aplikasi ini gratis. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini untuk melacak nomor tidak dikenal. Identitas yang bisa didapatkan berupa bagaimana kontak nomor ini tersimpan di tempat lain. Hal ini memungkinkan untuk mengetahui nama penelpon yang sesungguhnya.

Baca juga:  5 Aplikasi untuk Menyatukan Foto yang Terpisah dengan Android

5. HLR Lookup

Berikutnya adalah aplikasi HLR Lookup. Aplikasi ini mulai banyak diminati oleh pengguna ponsel cerdas terutama yang nomornya disebarluaskan untuk keperluan tertentu seperti bisnis. Kelebihan HLR Lookup adalah aplikasi ini tidak hanya bisa melacak nama pengguna namun juga bisa melacak lokasinya. Aplikasi ini akan sangat membantu jika pengguna suatu saat kehilangan ponselnya.

6. Simpler Caller ID

Yang keenam adalah Simpler Caller ID. Seperti aplikasi pelacak nomor telepon sebelumnya, aplikasi ini juga bekerja dengan cara melacak nama kontak dan lokasi kota asal nomor telepon ini. Aplikasi ini banyak digunakan karena dapat melakukan pelacakan dengan cepat dan hasil yang didapatkan relatif akurat. Ukuran aplikasi ini juga lebih kecil jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya.

7. Mobile Number Locator

Rekomendasi aplikasi yang terakhir adalah Mobile Number Locator. Aplikasi ini bekerja dengan cara melacak nama kontak tersimpan. Selain bisa membantu pengguna untuk menghindari bahaya scam call, aplikasi ini juga dapat membantu pengguna yang kehilangan ponselnya. Hal ini dikarenakan aplikasi ini juga memfasilitasi pengguna untuk melacak lokasi dari nomor telepon yang aktif.

Nah dengan adanya pilihan aplikasi-aplikasi untuk melacak no HP diatas pengguna kini bisa lebih berhati-hati. Pastikan nomor yang masuk dan menelpon adalah orang yang dikenal dan jika tidak lebih baik dihindari. Di dunia yang semakin berkembang ini ternyata kejahatan juga semakin berkembang. Baiknya semua pengguna ponsel cerdas lebih berhati-hati pada nomor tidak dikenal yang menelpon. Jangan biarkan kejahatan digital terjadi karena kecerobohan pengguna sendiri.