5 Aplikasi untuk Mengetahui Judul Lagu Meski Hanya Ingat Nadanya

Di tengah aktivitas tiba-tiba teringat nada sebuah lagu tapi tidak tahu judulnya? Hal ini sering terjadi apalagi dengan banyaknya konten video dengan lagu di sosial media. Banyak lagu-lagu yang familiar di telinga tapi judulnya pun tidak tahu. Hal ini bisa diatasi menggunakan aplikasi untuk mengetahui judul lagu. Cukup ingat-ingat nadanya, aplikasi akan cari tahu judulnya. Simak daftar aplikasinya berikut ini:

1. Shazam

Aplikasi untuk mengetahui judul lagu yang pertama adalah Shazam – Discover Music. Di dalamnya terdapat ratusan bahkan ribuan koleksi musik. Dengan Shazam, lagu jaman dulu hingga kini bahkan lagu yang sedang populer pun juga bisa terdeteksi.

Cara penggunaannya cukup mudah. Setelah pengguna melakukan pemasangan Shazam pada smartphone, buka aplikasi ini. Pengguna cukup menekan tombol pada tampilan dan menyanyikan lagu yang judulnya ingin dicari. Jika liriknya pun tidak tahu, aplikasi ini juga bisa mengidentifikasi senandung nadanya saja.

2. SoundHound

Aplikasi kedua adalah SoundHound Music Search. Aplikasi ini mirip seperti Shazam. Bisa mendeteksi judul dari lagu yang dinyanyikan atau senandung nadanya saja. Cara penggunaan aplikasi ini pun sama seperti cara penggunaan Shazam.

Pengguna cukup menekan tombol yang tersedia pada tombol layar. Aplikasi akan mendengar suara atau lagu yang pengguna nyanyikan. Selain menemukan judul lagu, SoundHound juga menawarkan fitur pemutar musik. Pengguna bisa memutar lagu sambil menyanyikan lirik yang ditampilkan pada aplikasi ini.

3. TrackID

TrackID termasuk dalam aplikasi yang bisa menemukan judul lagu. Aplikasi ini dibuat oleh Sony Mobile Communications. Sebab fitur dan fungsi yang sama, TrackID seringkali dikatakan mirip seperti aplikasi Shazam – Discover Music.

Kemampuan aplikasi ini sama hebatnya seperti kedua aplikasi di atas. Namun untuk mengidentifikasi judul sebuah lagu, aplikasi ini memerlukan potongan lirik lagu yang diputar dari radio atau media lain. Dengan kata lain, pengguna tidak bisa hanya bersenandung jika akan menggunakan aplikasi ini. Pengguna perlu mengingat liriknya untuk menemukan judul lagu.

Baca juga:  5 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik dan Terlengkap 2021

4. MusixMatch

Aplikasi ini sangat familiar untuk pengguna smartphone yang gemar berkaraoke. MusixMatch dikenal sebagai aplikasi karaoke online. Selain memutar lagu, aplikasi ini juga menampilkan lirik lagunya di layar tampilan aplikasi.

Untuk mencari judul sebuah lagu menggunakan aplikasi ini cara penggunaannya hampir sama seperti pada aplikasi TrackID. Pengguna yang sudah membuka aplikasi MusixMatch bisa memilih opsi Identify lyrics. Dengan begitu, pengguna bisa menemukan judul lagu tersebut bahkan informasi lainnya terkait dengan lagu tersebut.

5. Music Recognition

Aplikasi lain yang juga bisa membantu menemukan judul sebuah lagu adalah Music Recognition. Sama hebatnya dengan Shazam dan SoundHound, Music Recognition bisa mengidentifikasi suara nyanyian dan bahkan humming saja. Pengguna tidak perlu khawatir jika lupa lirik lagu yang dicari. Cara memakainya pun sama seperti cara memakai kebanyakan aplikasi pendeteksi judul lagu di atas.

Tekan tombol yang ditampilkan pada layar dan nyanyikan atau senandungkan lagu tersebut. Namun, bukan hanya itu saja, pengguna juga ditawarkan fitur menarik lainnya oleh aplikasi ini. Tersedia mode flashlight yang akan menyalakan lampu flash pada hp saat memutar musik. Nyala lampu ini pun akan menyesuaikan dengan melodi lagu yang diputar. Menarik, bukan?

Sudah berhasil menemukan judul lagu yang dicari? Jika belum maka cobalah untuk menggunakan salah satu dari 5 pilihan aplikasi untuk mengetahui judul lagu di atas. Sekarang tidak perlu khawatir jika tidak tahu judul lagu dan ingin mendengarkannya. Semoga kelima aplikasi di atas bisa membantu. Selamat mencoba.