10 Jenis Peluang Usaha Di Desa Yang Bisa Kamu Coba

10 Peluang Usaha di Desa yang Bisa Anda Coba
10 Peluang Usaha di Desa yang Bisa Anda Coba from www.redzonemap.com

Peluang usaha di desa sangat menarik untuk dicoba. Selain memiliki kesempatan untuk membangun sebuah bisnis yang berbasis di desa, kamu juga bisa membantu masyarakat desa yang berada di sekitar lingkunganmu. Melalui usaha yang kamu jalankan, kamu bisa membantu mereka dalam meningkatkan kondisi ekonomi keluarga mereka. Di tahun 2023, ada beberapa peluang usaha di desa yang bisa kamu coba. Berikut adalah 10 peluang usaha di desa yang bisa kamu coba.

1. Peternakan

Peternakan merupakan salah satu peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan. Peternakan bisa kamu jalankan dengan cara menjual hewan ternak seperti sapi, ayam, kambing, domba, dan lain-lain. Dengan membangun bisnis peternakan, kamu bisa menghasilkan uang karena kamu bisa menjual produk hewan ternak yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa menjual produk olahan dari hewan ternak, seperti telur, daging, susu, dan lain-lain.

2. Pembuatan Obat Herbal

Selain peternakan, kamu juga bisa membuat obat herbal sebagai peluang usaha di desa. Obat herbal merupakan obat yang terbuat dari bahan-bahan alami yang ada di desa. Bisnis obat herbal bisa kamu jalankan dengan cara membuat obat herbal, lalu menjualnya ke pasar desa atau melalui media online. Dengan berbisnis obat herbal, kamu bisa membantu masyarakat desa yang tidak bisa mengakses obat-obatan modern.

3. Pembuatan Kriya dan Kerajinan

Kerajinan dan kriya merupakan salah satu peluang usaha di desa yang bisa kamu coba. Kriya dan kerajinan yang bisa kamu jual antara lain juga bisa kamu jual ke pasar desa atau melalui online shop. Dengan berbisnis kriya dan kerajinan, kamu bisa membantu masyarakat desa untuk meningkatkan kondisi ekonomi mereka.

Baca juga:  Apa Itu Kredit Usaha Rakyat? Pengusaha Umkm Wajib Tau!

4. Pembuatan Makanan Tradisional

Tidak hanya obat herbal, kamu juga bisa membuat makanan tradisional sebagai peluang usaha di desa. Makanan tradisional merupakan makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tradisional di desa. Kamu bisa menjual makanan tradisional ini ke pasar desa atau melalui media online. Dengan berbisnis makanan tradisional, kamu bisa membantu masyarakat desa dalam meningkatkan kondisi ekonomi mereka.

5. Pembuatan Produk Oleh-Oleh

Selain makanan tradisional, kamu juga bisa membuat produk oleh-oleh sebagai peluang usaha di desa. Produk oleh-oleh ini bisa kamu jual ke pasar desa atau melalui media online. Produk oleh-oleh yang bisa kamu jual antara lain kerajinan tangan, tas, topi, dan lain-lain. Dengan berbisnis produk oleh-oleh, kamu bisa membantu masyarakat desa untuk meningkatkan kondisi ekonomi mereka.

6. Usaha Boga

Usaha boga juga merupakan salah satu peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan. Usaha boga bisa kamu jalankan dengan cara membuka warung atau toko di desa. Kamu bisa menjual berbagai produk makanan dan minuman seperti mie, nasi, jus, dan lain-lain. Dengan membuka usaha boga, kamu bisa menghasilkan uang dari penjualan produk yang kamu jual.

7. Usaha Jasa

Usaha jasa juga bisa kamu coba sebagai peluang usaha di desa. Usaha jasa yang bisa kamu jalankan antara lain usaha jasa transportasi, usaha jasa laundry, usaha jasa pembuatan website, dan lain-lain. Dengan berbisnis jasa, kamu bisa menghasilkan uang dari jasa yang kamu tawarkan. Selain itu, kamu juga bisa membantu masyarakat desa yang tidak bisa mengakses jasa-jasa modern.

8. Usaha Perikanan

Usaha perikanan juga merupakan salah satu peluang usaha di desa yang cukup menarik untuk dicoba. Usaha perikanan bisa kamu jalankan dengan cara budidaya ikan di kolam atau tambak, lalu menjual ikannya ke pasar desa. Dengan berbisnis perikanan, kamu bisa menghasilkan uang dari penjualan ikan yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa membantu masyarakat desa yang tidak bisa mengakses produk-produk ikan yang ada di pasar.

Baca juga:  Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa Lagi Trend Di Tahun 2023

9. Usaha Perkebunan

Usaha perkebunan juga bisa kamu coba sebagai peluang usaha di desa. Usaha perkebunan bisa kamu jalankan dengan cara menanam berbagai jenis tanaman seperti buah-buahan, sayuran, rempah-rempah, dan lain-lain. Dengan berbisnis perkebunan, kamu bisa menghasilkan uang dari penjualan produk yang kamu hasilkan dari tanaman yang kamu tanam.

10. Usaha Petani

Usaha petani juga bisa kamu coba sebagai peluang usaha di desa. Usaha petani bisa kamu jalankan dengan cara menanam berbagai jenis tanaman seperti padi, jagung, kedelai, kacang-kacangan, dan lain-lain. Dengan berbisnis petani, kamu bisa menghasilkan uang dari penjualan produk yang kamu hasilkan dari tanaman yang kamu tanam. Selain itu, dengan berbisnis petani, kamu bisa membantu masyarakat desa dalam meningkatkan kondisi ekonomi mereka.

Itulah 10 jenis peluang usaha di desa yang bisa kamu coba di tahun 2023. Semua bisnis di atas bisa kamu jalankan dengan cara membangun bisnis di desa atau melalui media online. Dengan berbisnis di desa, kamu bisa membantu masyarakat desa dalam meningkatkan kondisi ekonomi mereka.